Thursday, July 1, 2010

Apakah Danau Ini Suatu Keajaiban Dunia?

1 comments
Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya. Kaya akan budaya, suku, bahasa, adat istiadat. Indonesia juga negara yang mempunyai tempat wisata yang sangat mempesona sehingga banyak wisatawan yang datang untuk mengunjunginya. Tentunya akan menambah devisa bagi negara. Berbicara tempat wisata, kita patut berbangga hati karena kita punya Candi Borobudur yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia. Kita juga punya pulau komodo yang sekarang sedang gencar-gencarnya dipromosikan sebagai salah satu keajaiban dunia. Harapan kita semua tentunya promosi tersebut berhasil.

Mungkin banyak yang sudah tau, tetapi mungkin banyak juga yang belum tau tentang Danau Kelimutu. Jadi tidak ada salahnya saya menunjukkan kepada kawan-kawan semuanya sebuah video tentang danau Kelimutu yang menurut saya merupakan keajaiban dunia. Kenapa saya katakan demikian? Karena danau Kelimutu adalah danau dimana danau tersebut airnya berwarna dan warnanya pun bisa berubah-ubah! Danau Kelimutu terletak di Kabupaten Ende, Flores, NTT. Danau tersebut memiliki 3 buah kawah, dan masing-masing memiliki warna tersendiri. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, ketiga buah kawah tersebut merupakan tempat bersemayamnya para arwah.
  1. Kawah yang pertama yang disebut "tiwu ata polo" yaitu tempat bersemayamnya arwah orang yang meninggal dunia yang semasa hidupnya berbuat kejahatan (tenung). kawah ini kadang berwarna hitam dan kadang kemerah-merahan.
  2. Kawah yang kedua yang berdekatan dengan kawah pertama disebut "tiwu nuwa muri ko'o fai" yaitu tempat bersemayamnya arwah para pemuda pemudi yang telah meninggal dunia. Kawah ini berwarna hijau muda dan kadang kala berwarna hijau tua.
  3. Kawah yang ketiga dan tempatnya agak terpisah dari kedua kawah tadi dinamakan "tiwu ata buphu" yaitu tempat bersemayamnya arwah orang tua yang telah meninggal dunia. Kawah ini berwarna hitam
Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

sungguh merupakan suatu tempat yang sangat mempesona. dan danau ini membuktikan bahwa kekuasaan Tuhan memang tidak terbatas.


1 comments:

oempak said...

dahsyat, luar biasa, sungguh indah ciptaan alam, yg begini harus dijaga dan dilestarikan sebagai daya tarik wisatawan bs tuh :)

Post a Comment